Local Times Info

Berlangganan Info Sehat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bergabung di Group Sehat

Subscribe to portalprimasehat

Powered by us.groups.yahoo.com

Lencana Facebook

BERAS ORGANIK TEPUNG ORGANIK GULA SEMUT BUMBU DAPUR ALAMI



Campur aduk antara gemes, sedih, putus asa dan marah. Itulah perasaan saya setiap kali melihat berita investigasi yang ditayangkan oleh salah satu televisi swasta. Berita tersebut banyak meliput perbuatan-perbuatan dzalim dan sadis yang dilakukan oleh para peramu makanan dengan dalih ingin cepat dapat untung. Para peramu tersebut seenaknya memasukkan bahan kimia berbahaya seperti borax (mereka sebut pijer), pewarna tekstil ataupun formalin. Kesemua bahan tersebut membuat makanan menjadi awet, tidak mudah rusak/berubah warna maupun bentuk, menambah renyah serta memberikan warna yang menarik (kuning ataupun merah).

Yang mengerikan lagi adalah makanan-makanan yang sama sekali tidak layak dikonsumsi tersebut, banyak yang ditargetkan untuk anak-anak sekolah yang notabene adalah penerus bangsa ini. Alasannya sederhana : anak-anak mudah dibohongi, sehingga dianggap sebagai konsumen yang tidak merepotkan!. Mulai dari gorengan, sate, minuman hingga cemilan ringan, semuanya ditambahkan bahan-bahan kimia berbahaya tersebut. Di satu tayangan, diperlihatkan betapa anak-anak sekolah menyantap lahap makanan yang tidak mereka ketahui bahayanya itu. Yang mereka tahu adalah bahwa makanan tersebut mudah didapat di sekitar mereka, harganya murah dan rasanya ok... Mengenaskan bukan?..Apakah kita tega membayangkan usus anak-anak yang masih halus tersebut, ditimbun oleh racun-racun yang dapat langsung terserap oleh darah dan menyebar ke seluruh organ tubuh lainnya?.

Yang mengherankan buat saya adalah para peramu tersebut sama sekali tidak merasa bersalah ketika ditanya apakah tidak takut konsumennya sakit. Meski demikian, anehnya mereka melarang anaknya sendiri untuk mengkonsumsi makanan yang dijualnya tersebut!. Ketika ditanya mengapa mereka tega melakukan kecurangan seperti itu, mereka menjawab dengan enteng bahwa di tengah sulitnya mencari penghidupan, mereka tidak siap untuk merugi, oleh sebab itu bahan kimia berbahaya tersebut dijadikan solusi yang praktis dan murah, toh mencarinya juga tidak sulit, "bisa beli dimana mana kok".

Praktek-praktek seperti ini sebetulnya sudah cukup lama muncul. Berbagai tindakan pelarangan yang ada, belum efektif untuk memberantasnya. Makin lama peramu curang tersebut makin ”variatif, pintar dan kreatif” yang sayangnya untuk tindakan yang merugikan orang lain. Bahkan ketupat dan lontongpun ditambahi borax...siapa sangka!. Peran para pihak terutama yang langsung bersentuhan dengan konsumen misalnya pihak pengelola Sekolah, pastinya sangat penting. Namun saya melihat di satu tayangan pengelola satu Sekolah Dasar di Jakarta mengatakan bahwa makanan yang dijajakan di luar kawasan Sekolah bukan kewenangan mereka untuk melarang.

Jika memang tindakan tegas tidak bisa kita dapatkan dari mana-mana, peran kita sebagai Ibu untuk melindungi anak-anak kitalah yang paling relevan. Kita bisa memastikan anak-anak mendapat makanan yang bermutu dengan cara membekalinya dari rumah atau memilih dengan seksama jajanan jika memang harus jajan. Beri pengertian pada anak bahwa meskipun warnanya mungkin tidak sekinclong jajanan jalanan, tapi rasa masakan Ibu tidak kalah enak dan bahkan menyehatkan.

Secara kumulatif, makanan yang masuk ke perut anak kita akan berdampak jangka panjang bagi kesejahteraannya di kemudian hari. Oleh sebab itu, jangan lengah....bertindak bijaklah sedini mungkin!.(/nin 09)

__________________________________________________________________

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

SEHAT MART | Portal Prima Sehat Headline Animator

SEHAT MART | Portal Prima Sehat

MENGAPA SEHATmart?

  • SEHATmart menawarkan produk yang memenuhi standar keamanan pangan:
    – Bebas bahan pengawet/pewarna/aroma buatan
    – Bebas MSG
    – Bebas residu kimia dan logam berat
  • Diproduksi oleh UKM lokal Indonesia.
  • Tercipta trend back to nature sehingga semakin banyak masyakarat yang mencari produk sehat.

FILOSOFI SEHATmart

  • You are what you eat.
  • Tindakan preventif melalui konsumsi pangan sehat tentu lebih baik daripada tindakan kuratif, karena kesehatan mahal harganya.
  • SEHATmart menyediakan produk berkualitas tapi terjangkau.
  • SEHATmart membantu UKM lokal yang memiliki komitmen dan kesetiaan untuk memproduksi produk pangan yang aman dikonsumsi tapi memiliki keterbatasan akses pasar.

Support Online

"Jika kami tidak online, tinggalkan pesan dan data email anda, kami akan segera membalasnya, atau dapat menghubungi kami langsung di 0818-84-6414 atau 0856-21-77554. Terimakasih"
Support 1:
Support 2:
Support 3:

Followers