Local Times Info

Berlangganan Info Sehat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bergabung di Group Sehat

Subscribe to portalprimasehat

Powered by us.groups.yahoo.com

Lencana Facebook

BERAS ORGANIK TEPUNG ORGANIK GULA SEMUT BUMBU DAPUR ALAMI



Idul Qurban, Panen Kambing. Horeeeeee...!

Salah satu hari berkah umat Islam adalah Hari Raya Idul Qurban. Bagi para peternak Kambing, Domba dan Sapi ini juga hari keberuntungan mereka. Tak beda dengan Pak Nalih beserta istrinya. Pak Nalih yang mengurus kebun organik kami, juga rajin memelihara kambing. Pak Nalih lebih memilih memelihara kambing dibandingkan sapi karena alasan "sudah terbiasa memelihara kambing". Sudah hampir 2 tahun ini Pak Nalih bisa dibilang berprofesi juga sebagai peternak Gaduh Wedus.

Bagi Pak Nalih, memelihara kambing bukan sekedar mencari untung, tetapi mendapatkan azas manfaatnya. Adanya kambing, jelas memperingan biaya operasional kebun karena kotoran plus urinenya tinggal diolah menjadi pupuk sehingga tidak perlu lagi membeli pupuk. Kambing juga menjadi hiburan untuk Pak Nalih sekeluarga, terbukti karena rasa sayangnya, tiap kambing diberinya nama : ada 'si Ganteng', 'si Belang' hingga 'si Tante'....

Syukurlah, hasil sudah nampak dari beberapa waktu yang lalu. Dari hanya 4 ekor kambing indukan dan 2 anak kambing pada pertengahan 2008, saat ini sudah ada 15 ekor kambing yang lumayan gemuk-gemuk, bersih dan sehat. Selain itu, kambing yang mereka ternakkan sudah turut membantu menyediakan dana bagi Cucu Cahyati, anak mereka yang bersekolah di SMK di Kabupaten Bogor, ketika harus pulang pergi menyelesaikan tugas magangnya di suatu Perusahaan di Jakarta. Goat Goes to School!

Mulanya sempat ragu juga ketika ada ide kambing dijual untuk Idul Qurban, karena takut kalau kambing dijual maka "pabrik" pupuk alami kami akan berkurang. Tapi pikir-pikir lagi saat ini memang timing yang tepat karena semurah-murahnya seekor kambing bisa dihargai Rp 900 ribu. Kambing yang Pak Nalih ternakkan, pastinya diatas harga itu. Nah, akhirnya setelah rundingan dengan Pak Nalih kami semua sepakat untuk memanfaatkan moment baik ini untuk menjual beberapa ekor kambing yang sudah masuk kriteria qurban. Namun tujuannya bukan untuk mendapatkan uang dan membelajakannya begitu saja, tetapi uangnya untuk membeli kambing lagi yang lebih kecil dan murah sehingga jumlah kambing menjadi bertambah sehingga jumlah pupuk malah terjamin.

Berdasarkan pemikiran ini, Pak Nalih rela melepaskan kambing kambing organik kesayangannya, untuk kepentingan yang lebih baik. Para calon pembeli kambingpun sudah bersiap mengambil kambing esok....

...Selamat Merayakan Idul Qurban!...(/rul 09)

__________________________________________________________________

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

SEHAT MART | Portal Prima Sehat Headline Animator

SEHAT MART | Portal Prima Sehat

MENGAPA SEHATmart?

  • SEHATmart menawarkan produk yang memenuhi standar keamanan pangan:
    – Bebas bahan pengawet/pewarna/aroma buatan
    – Bebas MSG
    – Bebas residu kimia dan logam berat
  • Diproduksi oleh UKM lokal Indonesia.
  • Tercipta trend back to nature sehingga semakin banyak masyakarat yang mencari produk sehat.

FILOSOFI SEHATmart

  • You are what you eat.
  • Tindakan preventif melalui konsumsi pangan sehat tentu lebih baik daripada tindakan kuratif, karena kesehatan mahal harganya.
  • SEHATmart menyediakan produk berkualitas tapi terjangkau.
  • SEHATmart membantu UKM lokal yang memiliki komitmen dan kesetiaan untuk memproduksi produk pangan yang aman dikonsumsi tapi memiliki keterbatasan akses pasar.

Support Online

"Jika kami tidak online, tinggalkan pesan dan data email anda, kami akan segera membalasnya, atau dapat menghubungi kami langsung di 0818-84-6414 atau 0856-21-77554. Terimakasih"
Support 1:
Support 2:
Support 3:

Followers