Local Times Info

Berlangganan Info Sehat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bergabung di Group Sehat

Subscribe to portalprimasehat

Powered by us.groups.yahoo.com

Lencana Facebook

BERAS ORGANIK TEPUNG ORGANIK GULA SEMUT BUMBU DAPUR ALAMI



Sebagai pihak yang berkecimpung di penjualan beras organik, kami haruslah berkunjung ke lokasi pertanian organik yang selama ini menjadi supplier kami. Pertengahan bulan puasa kemarin, kami pergi ke daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan tentunya kami tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu muka dengan beberapa petani mitra.

Salah satunya adalah petani di Kabupaten Bantul, Yogya yang bernama Pak Yuni. Beliau adalah pemasok beras hitam dari varietas Jowo Melik yang kaya serat, antioksidan dan selenium. Di rumahnya yang teduh dan dikelilingi sawah hijau membentang, kami diterima di ruang produksinya yang penuh dengan barang pesanan dari pelanggannya. ”Yang tumpukan ini untuk dokter yang ada di Jakarta, dan yang itu untuk pelanggan di Yogya”, cerita Pak Yuni yang merupakan ketua kelompok petani. Sorot matanya tampak meredup ketika kami tanya pengalamannya di pertanian organik . ”Ada kalanya saya merasa sulit mengajak teman-teman petani untuk bertani organik. Padahal, sudah banyak usaha saya supaya mereka tertarik. Saya beri stimulus di awal, seperti pupuk dan bibit. Belum lagi jaminan hasil panennya yang akan saya beli lebih mahal daripada harga pasaran. Saya hargai hasil panen gabah basah dengan harga gabah kering. Selisihnya sampai 20% lebih tinggi”, kata Pak Yuni.

Tetapi rupanya, tidak semua teman petaninya bersedia. ”Saya memang mengharuskan setiap petani untuk memberi pupuk kandang di lahan yang akan digarap. Jumlahnya 7 ton per hektar. Selain itu, saya melakukan kontrol di 30 hari dan 70 hari setelah penanaman, karena masa itulah yang rawan hama, seperti hama walang sangit. Saya periksa betul dari warna dan tingkat kekeringan daun, karena itulah indikator untuk memastikan tidak ada pemberian pupuk dan pestisida kimia,” lanjut Pak Yuni.

Trend beras hitam sebagai beras yang kaya antioksidan memberi dampak positif bagi usaha Pak Yuni. Menurut pengakuannya, permintaan beras hitam semakin lama menjadi semakin tinggi. ”Sejak mulai usaha pada tahun 2002, kapasitas penjualan sekarang sudah lumayan... Cukup untuk menghidupi keluarga”, tambahnya sambil tersenyum. Secara fisik, rumah Pak Yuni memang terlihat lebih megah dibanding tetangganya. ”Tapi satu hal yang pasti, harga beras saat ini dihargai terlalu murah! Penentuan standar harga beras tidak memperhitungkan sewa lahan dan tenaga kerja”, sesalnya.

Bahkan, bertentangan dengan pendapat umum yang menyatakan bahwa petani organik pasti lebih makmur, Pak Yuni menyatakan dengan tegas persyaratannya. ”Bila petani organik masih membeli pupuk dari tempat lain dan bukannya dari ternak sendiri, pendapatannya tidak akan berbeda jauh dengan petani biasa, karena pupuk kandang merupakan salah satu komponen biaya terbesar di pertanian organik”. Mengingat setiap langkahnya menemui tantangan, Pak Yuni tidak berkecil hati. ”Saya yakin, pertanian organik ini akan memiliki masa depan yang baik. Karena pada dasarnya, sistem ini yang paling tidak ’menyakiti’ alam”, tandasnya mengakhiri percakapan kami.

Setelah bertemu Pak Yuni, kami memetik banyak pelajaran dan menjadi terinspirasi akan semangat dan dedikasinya yang tak pernah padam terhadap pertanian organik. Walaupun banyak kesulitan, Pak Yuni tak kenal menyerah dan putus asa. Pak Yuni,... terus berjuang ya! (/fit 09)


__________________________________________________________________

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

SEHAT MART | Portal Prima Sehat Headline Animator

SEHAT MART | Portal Prima Sehat

MENGAPA SEHATmart?

  • SEHATmart menawarkan produk yang memenuhi standar keamanan pangan:
    – Bebas bahan pengawet/pewarna/aroma buatan
    – Bebas MSG
    – Bebas residu kimia dan logam berat
  • Diproduksi oleh UKM lokal Indonesia.
  • Tercipta trend back to nature sehingga semakin banyak masyakarat yang mencari produk sehat.

FILOSOFI SEHATmart

  • You are what you eat.
  • Tindakan preventif melalui konsumsi pangan sehat tentu lebih baik daripada tindakan kuratif, karena kesehatan mahal harganya.
  • SEHATmart menyediakan produk berkualitas tapi terjangkau.
  • SEHATmart membantu UKM lokal yang memiliki komitmen dan kesetiaan untuk memproduksi produk pangan yang aman dikonsumsi tapi memiliki keterbatasan akses pasar.

Support Online

"Jika kami tidak online, tinggalkan pesan dan data email anda, kami akan segera membalasnya, atau dapat menghubungi kami langsung di 0818-84-6414 atau 0856-21-77554. Terimakasih"
Support 1:
Support 2:
Support 3:

Followers