Local Times Info

Berlangganan Info Sehat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bergabung di Group Sehat

Subscribe to portalprimasehat

Powered by us.groups.yahoo.com

Lencana Facebook

BERAS ORGANIK TEPUNG ORGANIK GULA SEMUT BUMBU DAPUR ALAMI



Kami sampai garuk garuk kepala putar otak berpikir: bagaimana lagi caranya ngomong ke Mas Dul apa mau kami ya?....Ini adalah pengalaman kami berinteraksi dengan Mas Abdullah, seorang tukang bakso yang saat ini menjadi mitra kami. Mas Dul, begitu nama panggilan Mas Abdullah, adalah tukang bakso yang membuka warung di kampung dekat kantor kami. Tidak seperti tukang bakso lainnya, meskipun warungnya sederhana tetapi Mas Dul punya prinsip : bakso harus buat sendiri untuk menjaga kualitasnya!...

Pertama kali saya mencicipi bakso buatan Mas Dul, kami langsung tahu bahwa bahan yang digunakannya alami karena rasanya segar dan terasa daging aslinya. Kami jadi tertarik untuk membantu memasarkannya karena bakso adalah makanan yang banyak diminati oleh seluruh kalangan namun rentan pada penambahan zat kimia pengawet, pengenyal dan perasa. Meski demikian, kami tidak serta merta memasarkannya sebelum tahu persis kualitas dan keamanan bahan baku yang digunakannya. Oleh karena itu, saya banyak bertanya untuk mengorek informasi seutuhnya dari Mas Dul. Pada saat itu, Mas Dul kelihatan agak ”curiga” dan balik bertanya kenapa kami begitu antusias ingin tahu.

Kami sadar bahwa komponen bahan baku seorang peramu makanan, pasti rahasia dapurnya. Segera setelah kami menjelaskan maksud kami, Mas Dul baru paham. Ketika kami tanya apakah tidak ada bahan kimia tambahan yang dia masukkan dalam adonan baksonya, Mas Dul menjawab yakin: ”dijamin asli alami tanpa kimia, Bu..!. "Kuncinya adalah pada proses pemilihan dan penanganan bahan baku serta penyimpanan baksonya nanti" tambahnya. Biarpun Mas Dul sudah menyatakan seperti itu, kami tetap minta informasi rincian bahan bakunya. Kami tegaskan bahwa kami hanya akan membantu memasarkan produknya jika semua bahan yang dipakai alami tanpa tambahan bahan kimia. Dia setuju untuk memperhatikan, memenuhi dan menjaga terpenuhinya syarat ini.

Mulailah kami melakukan brainstorming untuk mensepakati beberapa hal: ukuran bakso diperbaiki, kecap asin yang mengandung MSG tidak boleh lagi digunakan, rasanya ditingkatkan dan proses produksi harus memenuhi standard kebersihan pangan. Mas Dul setuju untuk mengutak atik formulanya. Namun rupanya tidak semudah itu mendapatkan ukuran dan formula bakso yang ”pas”. Proses pengembangan formula baru bakso ini kadang terkendala pula dengan adanya perbedaan pendapat antara Mas Dul dengan "kemauan" kami. Berkali kali kami beri modal padanya untuk ber-eksperimen dengan resep barunya. Kadang sukses tapi suka juga gagal.

Meskipun begitu, selalu ada titik temu karena kedua pihak punya tujuan yang sama yaitu menghasilkan produk yang berkualitas dan sehat yang disesuaikan pula dengan selera pasar. Kami tidak putus asa karena menganggap proses ini adalah investasi yang baik. Memang perlu waktu dan kesabaran untuk memberi arahan agar bakso yang diproduksinya bisa standard baik ukuran, rasa, kepastian alami bahan bakunya hingga proses produksi yang baik.

Sekarang, meskipun pemasarannya masih terus kami kembangkan, bakso buatan Mas Dul merupakan salah satu produk andalan kami....senang rasanya!.(/nin 09)

__________________________________________________________________

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

SEHAT MART | Portal Prima Sehat Headline Animator

SEHAT MART | Portal Prima Sehat

MENGAPA SEHATmart?

  • SEHATmart menawarkan produk yang memenuhi standar keamanan pangan:
    – Bebas bahan pengawet/pewarna/aroma buatan
    – Bebas MSG
    – Bebas residu kimia dan logam berat
  • Diproduksi oleh UKM lokal Indonesia.
  • Tercipta trend back to nature sehingga semakin banyak masyakarat yang mencari produk sehat.

FILOSOFI SEHATmart

  • You are what you eat.
  • Tindakan preventif melalui konsumsi pangan sehat tentu lebih baik daripada tindakan kuratif, karena kesehatan mahal harganya.
  • SEHATmart menyediakan produk berkualitas tapi terjangkau.
  • SEHATmart membantu UKM lokal yang memiliki komitmen dan kesetiaan untuk memproduksi produk pangan yang aman dikonsumsi tapi memiliki keterbatasan akses pasar.

Support Online

"Jika kami tidak online, tinggalkan pesan dan data email anda, kami akan segera membalasnya, atau dapat menghubungi kami langsung di 0818-84-6414 atau 0856-21-77554. Terimakasih"
Support 1:
Support 2:
Support 3:

Followers