Local Times Info

Berlangganan Info Sehat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bergabung di Group Sehat

Subscribe to portalprimasehat

Powered by us.groups.yahoo.com

Lencana Facebook

BERAS ORGANIK TEPUNG ORGANIK GULA SEMUT BUMBU DAPUR ALAMI



Mulanya saya agak ragu ketika menyuguhkan nasi yang bukan “putih polos” pada keluarga saat makan malam beberapa bulan yang lalu. Saya mengantisipasi akan adanya reaksi penolakan ”besar-besaran” bahkan mogok makan, karena memang nasi putih polos adalah bentuk nasi yang ”paling wajar” dikonsumsi sehari-hari terutama oleh orang Indonesia termasuk keluarga kami. Ternyata kekuatiran saya tersebut terlalu berlebihan. Anak-anak hanya tanya kenapa nasinya tidak putih polos, ketika saya berikan penjelasan sederhana, mereka langsung memulai makan malam tanpa ”protes” sama sekali. Lega sekali rasanya,....

Ide mulai mengganti makan nasi polos menjadi nasi yang lebih ”berwarna” dipicu oleh mulainya saya menyadari bahwa nasi putih yang polos hanya kaya akan karbohidrat tetapi miskin akan zat-zat gizi lain seperti serat, protein, vitamin, mineral dan enzym. Jadi pada dasarnya kita hanya mendapatkan rasa kenyang dan energi saja, sehingga saya merasa sayang sekali jika tidak dimaksimalkan. Apalagi jika konsumsi sayur sehat ataupun kacang-kacangan juga terbatas seperti yang seringkali terjadi pada anak-anak. Daging sapi/ayam meskipun memang mengandung protein hewani yang diperlukan pada masa pertumbuhan anak, tetapi saya membatasi konsumsi anak-anak karena rentannya kualitas daging ayam yang sehat. Penambahan zat pertumbuhan kimia maupun antibiotika yang seringkali disuntikkan pada ayam pada masa pemeliharannya, sebaiknya dikurangi masuk ke dalam tubuh kita.

Berdasarkan pemikiran tersebut, beberapa bulan lalu saya mulai mengganti pola konsumsi nasi putih polos secara bertahap. Saya ingin keluarga saya mendapat asupan sumber energi (karbohidrat) sekaligus serat, protein, vitamin, mineral dan enzym dari sumber nabati yang alami. Mulanya persentase nasi putih poles masih cukup banyak, tetapi lama kelamaan saya kurangi. Variasi yang saya lalukan adalah :

(1) Beras putih poles dicampur dengan Jowo Melik yang berwarna hitam sehingga nasi menjadi berwarna hitam keunguan...exotik sekali. Beras Jowo Melik yang masih mengandung kulit ari tersebut yang kaya serat, antioksidan dan selenium. Kedua jenis beras ini dapat langsung dimasak secara bersamaan di dalam rice cooker karena mempunyai kadar keempukan yang sama.

(2) Beras putih poles dicampur dengan beras putih pecah kulit (brown rice) yang kaya serat. Brown rice ini biasanya saya kecambahkan dahulu dengan cara merendam di air beberapa waktu sehingga memperkaya kandungan nutrisi dan enzym. Rasa brown rice yang telah berkecambah agak kenyal sehingga memberikan keunikan rasa tersendiri ketika dicampur dengan beras putih polesnya. Karena sudah direndam, brown rice telah melunak, sehingga dapat secara langsung dimasak bersama dengan beras putih poles di dalam rice cooker.

(3) Beras putih poles dicampur dengan mixed grains, seperti yang diproduksi oleh Gasol (Five Grains) atau Prime Care (Assorted Grains). Mixed grains adalah campuran beras pecah kulit (putih, merah dan hitam) dan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, sorghum dan wijen. Saya juga mengecambahkan campuran biji-bijian ini untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya. Sebelum dicampur dengan beras putih poles di dalam rice cooker, biasanya saya merebus dahulu sebentar (sekitar 15-20 menit) biji-bijian ini agar kadar keempukannya bisa menyamai beras putih poles. Setelah itu, biji-bijian beserta air rebusannya dapat dicampurkan pada nasi putih poles dan dimasak bersama dalam rice cooker.

Setelah beberapa bulan mengkonsumsi nasi “eksotik” seperti ini, saya dapat membuktikan bahwa vitalitas kami memang meningkat meskipun konsumsi daging ayam/sapi saya kurangi. Saya tidak mudah merasa capek seperti yang dahulu saya rasakan. Diet ini juga membantu melancarkan BAB (maaf) anak saya terkecil yang dahulu sering tidak teratur.

Hiromi Shinya MD, seorang dokter yang banyak meneliti mengenai enzym dan kesehatan, dalam bukunya "The Miracle of Enzyme" mengatakan bahwa kesehatan kita secara keseluruhan sangat ditentukan oleh pola makan dan kesehatan usus kita. "You are what you eat!".... Ajakan yang pantas kita perhatikan, bukan?...Selamat berkreasi. (/nin 09)

__________________________________________________________________

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

SEHAT MART | Portal Prima Sehat Headline Animator

SEHAT MART | Portal Prima Sehat

MENGAPA SEHATmart?

  • SEHATmart menawarkan produk yang memenuhi standar keamanan pangan:
    – Bebas bahan pengawet/pewarna/aroma buatan
    – Bebas MSG
    – Bebas residu kimia dan logam berat
  • Diproduksi oleh UKM lokal Indonesia.
  • Tercipta trend back to nature sehingga semakin banyak masyakarat yang mencari produk sehat.

FILOSOFI SEHATmart

  • You are what you eat.
  • Tindakan preventif melalui konsumsi pangan sehat tentu lebih baik daripada tindakan kuratif, karena kesehatan mahal harganya.
  • SEHATmart menyediakan produk berkualitas tapi terjangkau.
  • SEHATmart membantu UKM lokal yang memiliki komitmen dan kesetiaan untuk memproduksi produk pangan yang aman dikonsumsi tapi memiliki keterbatasan akses pasar.

Support Online

"Jika kami tidak online, tinggalkan pesan dan data email anda, kami akan segera membalasnya, atau dapat menghubungi kami langsung di 0818-84-6414 atau 0856-21-77554. Terimakasih"
Support 1:
Support 2:
Support 3:

Followers