Local Times Info

Berlangganan Info Sehat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bergabung di Group Sehat

Subscribe to portalprimasehat

Powered by us.groups.yahoo.com

Lencana Facebook

BERAS ORGANIK TEPUNG ORGANIK GULA SEMUT BUMBU DAPUR ALAMI



Minggu kemarin giliran panen kacang tanah di kebun kami. Anak saya dan temannya senang sekali waktu saya ajak belajar praktek mencabuti kacang kacang tersebut. Harus hati-hati mencabutnya agar polong kacang terangkat semua dan tidak putus tertinggal di tanah. Meskipun seringkali repot harus menggaruk kaki yang gatal terkena daun kacang yang merimbun, anak-anak itu gembira sekali. Selain karena ini pengalaman mereka yang pertama mencabut kacang, hasil polongnya juga seragam dan panjang panjang. Sehat dan cantik sekali.

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tanaman polong-polongan. Tanamannya berbentuk semak dengan lama penanaman hingga panen sekitar 3 bulan. Kacang tanah berasal dari Amerika Selatan dan telah menyebar dan dibudidayakan di daerah beriklim tropis dan sub-tropis karena diminati nilai ekonomisnya. Di Indonesia, kacang tanah merupakan jenis kacang terpenting kedua setelah kedelai. Di kebun kami, kacang tanah dibudidaya baik secara bergantian atau tumpang sari dengan jagung. Karena usia tanamnya yang hampir sama, jagung dan kacang tumpang sarinyapun dapat dipanen bersamaan.

Selain digemari untuk dimakan ala rebus, goreng atau diolah menjadi selai, biji kacang tanah juga menghasilkan minyak nabati bernilai jual tinggi. Daunnya dapat dijadikan makanan kambing di kebun kami maupun ditimbun beserta pupuk kandang untuk kompos. Bintil-bintil pada akar tanaman yang berkembang karena adanya simbiosis dengan bakteri Rhizobium, berperan memproses dan mengikat nitrogen dari udara sehingga memperkaya unsur hara dalam tanah yang sangat diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh sehat. Bagi pertanian organik, menanam kacang tanah sangat membantu kestabilan unsur tanah karena kemampuannya mengikat nitrogen tersebut.

Kacang tanah sendiri mempunyai nilai gizi yang baik. Di Harian Sinar Harapan, pernah diulas mengenai manfaat kacang tanah terutama kaitannya dengan kesehatan manusia. Disebutkan bahwa menurut Guru Besar Bidang Nutrisi dari Penn State University, Dr Penny Kris-Etherton, konsumsi kacang tanah dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Menurutnya, kandungan asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam kacang-kacangan, khususnya kacang tanah terbukti sangat tinggi. Lebih dari 80 persen lemak dalam minyak kacang adalah jenis yang tidak jenuh dan sehat bagi jantung serta bebas kolesterol. ”Mengkonsumsi satu ons kacang, lebih dari lima kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner 25 persen sampai 39 persen,” ujarnya.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat (fiber). Menurut Prof Dr Muhilal dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan, Bogor, serat dalam makanan terdiri dari serat yang larut dalam air dan yang tidak terlarut dalam air, namun keduanya dapat menurunkan kolesterol. Satu sendok kecil kacang tanah mengandung 2 gram serat atau 8 persen dari serat yang dibutuhkan per hari.

Karena sistem budidayanya yang mudah serta manfaatnya yang istimewa baik untuk manusia maupun kesuburan tanah, tidak heran jika penanaman kacang tanah sangat dianjurkan. Bagaimana menurut Anda?...(/nin10)

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kacang_tanah
www.sinarharapan.co.id (yang dicopy diambil dari //www.gizi.net/cgi-bin/berita)



__________________________________________________________________

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

SEHAT MART | Portal Prima Sehat Headline Animator

SEHAT MART | Portal Prima Sehat

MENGAPA SEHATmart?

  • SEHATmart menawarkan produk yang memenuhi standar keamanan pangan:
    – Bebas bahan pengawet/pewarna/aroma buatan
    – Bebas MSG
    – Bebas residu kimia dan logam berat
  • Diproduksi oleh UKM lokal Indonesia.
  • Tercipta trend back to nature sehingga semakin banyak masyakarat yang mencari produk sehat.

FILOSOFI SEHATmart

  • You are what you eat.
  • Tindakan preventif melalui konsumsi pangan sehat tentu lebih baik daripada tindakan kuratif, karena kesehatan mahal harganya.
  • SEHATmart menyediakan produk berkualitas tapi terjangkau.
  • SEHATmart membantu UKM lokal yang memiliki komitmen dan kesetiaan untuk memproduksi produk pangan yang aman dikonsumsi tapi memiliki keterbatasan akses pasar.

Support Online

"Jika kami tidak online, tinggalkan pesan dan data email anda, kami akan segera membalasnya, atau dapat menghubungi kami langsung di 0818-84-6414 atau 0856-21-77554. Terimakasih"
Support 1:
Support 2:
Support 3:

Followers