Local Times Info

Berlangganan Info Sehat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bergabung di Group Sehat

Subscribe to portalprimasehat

Powered by us.groups.yahoo.com

Lencana Facebook

BERAS ORGANIK TEPUNG ORGANIK GULA SEMUT BUMBU DAPUR ALAMI

Ketika baru mulai menjual beras alami, terus terang kami kewalahan. Selain harga beli beras yang cukup tinggi sehingga harga jual ke konsumen masih lebih mahal dibanding beras non-alami/organik, tampilan beras juga tidak semenarik beras non-alami yang banyak dijual di pasar. Kutu beras yang bisa jalan lincah, juga cepat sekali muncul. Belum lagi, buliran biji beras kadang tidak seragam sehingga kurang menarik.

Hal-hal tersebut merupakan ”objek keluhan” para konsumen calon pelanggan baru yang sering kami dengar. Ketika kami ngobrol dengan teman sesama promotor beras alami yang telah lebih dahulu berkecimpung di bidang ini untuk mencari kiat penanganan masalah, rupanya hal yang kami alami bukan hal baru bagi mereka. Berbagai kiat telah mereka coba.

Untuk mengusir kutu beras, kami melakukan berbagai upaya yang disarankan. Mula-mula kami menaruh potongan daun pandan atau cabe kering di wadah beras. Kemasan beraspun kami ganti menjadi kertas yang katanya kurang dapat ditembus oleh gigi kutu sehingga dia tidak bisa keluar masuk kemasan seenaknya. Meskipun berbagai hal tersebut telah kami lakukan, ternyata hasilnya masih tetap kurang efektif. Setelah mencoba saran-saran lainnya, akhirnya kami menyadari bahwa usaha untuk mendapatkan formula yang efektif untuk mengusir kutu memang penting untuk dilakukan, namun harus dibarengi dengan memberikan edukasi pada calon konsumen mengenai keberadaan kutu tersebut. Kedua hal tersebut harus dikerjakan secara paralel.

Atas dasar pemikiran tersebut, di kemasan beras kami tempel stiker yang kira kira tulisannya adalah : ”jangan panik jika menemukan kutu beras. Keberadaan kutu justru menandakan beras kami bebas kimia sehingga mereka bisa hidup!”. Rupanya stiker semacam ini, cukup efektif memberikan pengertian pada calon pembeli untuk tidak terlalu ”heboh” jika menemukan kutu beras. Meskipun ada kutu berasnya, bukan berarti beras Anda sudah tidak layak dikonsumsi. Beras yang sudah ditakar untuk masak hari ini, tinggal di jemur di panas matahari sebentar...kutu beras akan pergi dan... beras siap untuk diolah deh...Penting juga untuk diingat, jangan mencampur beras yang baru beli dengan beras lama dalam satu wadah. Pastikan wadah beras bersih sebelum beras disimpan di wadah tersebut.

Mengenai bulir padi yang tidak seragam, kami harus seringkali mengatakan pada konsumen bahwa hal seperti ini dapat terjadi BUKAN karena beras dioplos. Kami tidak ingin menyalahi kepercayaan konsumen. Yang bisa kami katakan adalah bahwa bertani padi secara alami memang lebih banyak ”tantangannya” dibandingkan dengan yang menggunakan pupuk ataupun pestisida kimia. Perubahan musim, datangnya penyakit atau hama tanaman yang tidak bisa begitu saja dimusnahkan dengan obat, seringkali memaksa petani untuk memanen padinya lebih dini sehingga bulir beras masih cukup banyak yang ”hijau” ataupun berbeda warna dengan beras yang dipanen belakangan. Masih relatif kecilnya lahan yang digarap oleh petani, seringkali juga menyebabkan adanya pembuahan ”liar” dari padi-padi di sekitar lahan mereka, sehingga tampilan bulir padi juga sering terpengaruh. Produk-produk pertanian alami memang bukan produk industri massal. Penanganan panen yang berbeda dapat menyebabkan karakteristik bulir beras sering tidak seragam meskipun dari jenis / varietas beras yang sama.

Edukasi pada calon konsumen memang masih sangat diperlukan, sehingga selain mengerti bahwa produk alami baik untuk kesehatan, konsumen juga paham berbagai hal seputar usaha bertani dan karakter produk alami itu sendiri.

Mudah-mudahan demikianlah adanya... (/nin 09)



__________________________________________________________________

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

SEHAT MART | Portal Prima Sehat Headline Animator

SEHAT MART | Portal Prima Sehat

MENGAPA SEHATmart?

  • SEHATmart menawarkan produk yang memenuhi standar keamanan pangan:
    – Bebas bahan pengawet/pewarna/aroma buatan
    – Bebas MSG
    – Bebas residu kimia dan logam berat
  • Diproduksi oleh UKM lokal Indonesia.
  • Tercipta trend back to nature sehingga semakin banyak masyakarat yang mencari produk sehat.

FILOSOFI SEHATmart

  • You are what you eat.
  • Tindakan preventif melalui konsumsi pangan sehat tentu lebih baik daripada tindakan kuratif, karena kesehatan mahal harganya.
  • SEHATmart menyediakan produk berkualitas tapi terjangkau.
  • SEHATmart membantu UKM lokal yang memiliki komitmen dan kesetiaan untuk memproduksi produk pangan yang aman dikonsumsi tapi memiliki keterbatasan akses pasar.

Support Online

"Jika kami tidak online, tinggalkan pesan dan data email anda, kami akan segera membalasnya, atau dapat menghubungi kami langsung di 0818-84-6414 atau 0856-21-77554. Terimakasih"
Support 1:
Support 2:
Support 3:

Followers