Local Times Info

Berlangganan Info Sehat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bergabung di Group Sehat

Subscribe to portalprimasehat

Powered by us.groups.yahoo.com

Lencana Facebook

BERAS ORGANIK TEPUNG ORGANIK GULA SEMUT BUMBU DAPUR ALAMI



Pasti banyak yang tahu pepatah “dunia tidak selebar daun kelor”. Tapi apakah tahu bagaimana sebenarnya tanaman kelor yang dijadikan referensi pepatah itu?. Tanaman yang berdaun kecil seperti daun pohon petai-petai-an ini ternyata sangat ”baik hati” sehingga di beberapa referensi disebut sebagai “Mother’s Best Friend”. Disebut demikian karena semua bagian tanaman kelor dapat dimanfaatkan : mulai dari daun hingga akarnya.

Kelor (Moringa oleifera) berasal dari India Utara namun saat ini dapat ditemui di banyak negara tropis. Tumbuh cepat terutama ketika musim hujan, hingga 12 meter. Kelor tahan kekeringan, meski biasanya daun kekuningan dan rontok tapi tidak mati, ketika hujan datang daun akan bersemi lagi. Tumbuh ideal di daerah yang tidak terlalu tinggi dengan tanah yang tidak berlempung serta dapat dibudidaya menggunakan biji maupun stek (batang sekitar 1 meteran).

Daun kelor rendah lemak dan karbohidrat tapi kaya akan mineral, zat besi dan vitamin A dan B. Karena nutrisinya yang luar biasa, banyak negara di Afrika membudidayakan kelor sebagai bahan penambah gizi keluarga. Selain untuk dikonsumsi manusia, daun kelor juga dimanfaatkan untuk tambahan pakan bagi ternak. Jika dikonsumsi sebagai sayur, ambil hanya daunnya dan buang ranting-ranting halusnya. Dapat dimasak ala sayur bening, bobor atau sekedar dioseng dengan bumbu sesuka Anda. Kami suka sekali jika dicampur dengan telur menjadi omelet. Mirip dengan bayam, daun kelor yang belum diolah sedikit langu namun baunya akan hilang jika telah dimasak. Malah jika dimasak seperti sayur bening, rasanya segar sekali. Daun yang sudah ketuaan tidak pahit, meskipun lebih keras dibanding yang muda.

Menurut HDRA, suatu organisasi di Inggris, daun kelor ternyata juga dapat berfungsi sebagai pestisida alami : tumpuk daun kelor di lubang yang telah disiapkan untuk benih untuk menghindari tumbuhnya penyakit yang biasa menyerang benih kecil. Biji tanaman kelor dapat dimanfaatkan sebagai bahan penjernih air. Selain dapat menggumpalkan kotoran di air, zat dalam biji kelor dapat memusnahkan 90-99% bakteri di air tersebut. Penggunaan biji kelor ini sangat efektif, sehingga dapat menggantikan penggunaan aluminium sulphate yang selain berbahaya untuk manusia dan lingkungan, juga mahal. Kelor juga sering dimanfaatkan sebagai obat alami : daunnya dapat digosokkan ke dahi untuk menghilangkan pusing, banyak lagi penggunaan lainnya. Bunga kelor juga dapat dimasak dan dicampur dengan makanan lain atau diseduh dengan air panas sebagai teh.

Karena tertarik dengan banyak manfaat yang dapat diambil dari tanaman yang ”baik hati” ini, kami membudidayakannya di kebun organik kami. Tanaman kelor kami tanam sebagai tanaman sela dan tanaman pagar. Akar utama kelor yang menghujam ke dalam tanah, tidak akan bersaing dengan tanaman sayur di sekitarnya. Rontokan daunnya dapat menjadi pupuk alami bagi tanaman di bawahnya. Bentuk cabang dan daun kecil kecil kelor tidak menghalangi cahaya matahari menembus tanaman sayur kami. Sebagai tanaman pagar, jika rajin dipangkas, dahan dan daun kelor akan tumbuh lebat sehingga membantu pengamanan kebun. Karena akarnya yang menghujam jauh ke dalam tanah, tanaman kelor juga membantu menahan longsor. Tanaman kelor disarankan untuk rajin dipangkas. Selain agar cabang dan daun dapat menjadi lebat, pemangkasan akan membuat tanaman tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan kita memanen daun. Dahan yang dipangkas, dapat ditanam untuk menghasilkan tanaman baru (cara stek) ataupun dijadikan kayu bakar.

Dengan tahu berbagai khasiat tanaman kelor, maka tidak heran jika tanaman ini disebut sebagai ”Mother’s Best Friend”. Kami sudah menanamnya di kebun kami. Anda tertarik juga? (/nin 09)

Referensi : Moringa oleifera – A Multi-Purpose Tree, produced by HDRA, 2002

__________________________________________________________________

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

SEHAT MART | Portal Prima Sehat Headline Animator

SEHAT MART | Portal Prima Sehat

MENGAPA SEHATmart?

  • SEHATmart menawarkan produk yang memenuhi standar keamanan pangan:
    – Bebas bahan pengawet/pewarna/aroma buatan
    – Bebas MSG
    – Bebas residu kimia dan logam berat
  • Diproduksi oleh UKM lokal Indonesia.
  • Tercipta trend back to nature sehingga semakin banyak masyakarat yang mencari produk sehat.

FILOSOFI SEHATmart

  • You are what you eat.
  • Tindakan preventif melalui konsumsi pangan sehat tentu lebih baik daripada tindakan kuratif, karena kesehatan mahal harganya.
  • SEHATmart menyediakan produk berkualitas tapi terjangkau.
  • SEHATmart membantu UKM lokal yang memiliki komitmen dan kesetiaan untuk memproduksi produk pangan yang aman dikonsumsi tapi memiliki keterbatasan akses pasar.

Support Online

"Jika kami tidak online, tinggalkan pesan dan data email anda, kami akan segera membalasnya, atau dapat menghubungi kami langsung di 0818-84-6414 atau 0856-21-77554. Terimakasih"
Support 1:
Support 2:
Support 3:

Followers